Jumat, 16 Desember 2016



Contoh Simbiosis Mutualisme; Ikan Badut dengan Anemon Laut dan Keuntungannya

Simbiosis Mutualisme Ikan Badut dgn Anemon Laut dan Keuntungannya-Pembaca yg setia, sebelumnya saya sudah menuliskan tentang Pengertian Simbiosis dan Contohnya, akan tetapi perlu saya arsipkan jg di blog ni pembahasan yg lebih khusus tentang contoh -contoh simbiosis tersebut dan kali ni saya akan tuliskan mengenai keuntungan ian badut dan anemon laut dlm hubungan mutualismenya.

Sebelum pembahasan lebih lanjut tentang keuntungan apa yg didapat baik oleh ikan badut maupun anemon laut terlbih dahulu mari kita melihat dan mengenal ikan badut dan anemon laut lebih dekat walaupun melihatnya tak langsung wujudnya melainkan hanya lihat gambarnya. Ok, langsung saja yuk kita kenalan dgn :

Ikan Badut ( Clownfish )
Dulu waktu saya belum pernah melihat ikan badut secara langsung, dlm pikiran saya ikan badut itu ikannya besar dan lucu seperti badud,he he maklum pd jaman dahulu kan belum seperti sekarang di mana dulu orang yg dpt mengakses internet masih dpt dihitung dgn jari dan apalagi bagi anak-anak, sehingga ingin melihat gambarnya saja masih bingung mau mencari di mana walaupun di buku pelajaran sudah ada tapi dulu kan gambar di buku saja masih kurang jelas karena gambarnya hanya hitam putih sehingga untk membayangkan ikan badut itu apa dan seperti apa wujud aslinya itu rasanya sulit.


Contoh Simbiosis Mutualisme; Ikan Badut dengan Anemon Laut dan Keuntungannya

Gambar Ikan Badut
Sobat Pembaca, ikan badut adalah termasuk jenis ikan hias yg hidup di air yg asin jadi tempat hidup aslinya adalah di laut yg airnya asin; ikan badut hidup di perairan hangat pd daerah terumbu dgn kedalaman kurang dari 50 meter dan berair jernih. Dengan daerah penyebaran di Samudra Pasifik ( Fiji ), Laut Merah, Samudra Hindia ( Indonesia, Malasya, Burma, Thailand, Maladewa ). Jenis ikan badut ada sekitar 28 spesies dan warnanya jg berbeda-beda, ada yg kuning , jingga, kemerahan, kehitaman, akan tetapi yg paling dijumpai yakni yg berwarna kuning dgn variasi warna putih yg melingkari tubuhnya. Ikan badut termasuk omnivora ( pemakan hewan dan tumbuhan ).

Anemon Laut


Anemon laut adalah binatang invertebrata yg tak memiliki tulang belakang / tak memiliki skeleton pd seluruh tubuhnya. Anemon merupakan hewan predator yg tampak seperti bunga, memiliki berbagai bentuk, ukuran, dan warna. Tubuhnya radial semetrik, columnar dan memiliki satu lubang mulut yg dikelilingi oleh tentakel. Tentakel dpt melindungi tubuhnya terhadap serangan predator lain dan dpt pula digunakan untk menangkap makanannya. Anemon laut biasanya memiliki ukuran diameter tubuh 1-4 inchi (2,5-10 cm), tetapi beberapa anemon ada jg yg dpt tumbuh mencapai diameter tubuh 6 kaki (1,8 m).

Menurut Shimek (2006), secara umum anemon laut adalah hewan berkantung yg mempunyai tentakel dan mulut pd pada bagian atas danpedal diskpada bagian bawah.Pedal diskatau kaki jalan ni secara khusus digunakan oleh anemon untk melengketkan tubunya pd substrat.
Anemon laut tergolong binatang yg dpt memakan binatang apa saja yg hidup di laut, namun ia lebih bersifat karnivora. Jenis makanan yg bisa disantap adalah moluska, krustasea, ikan, dan berbagai invertebrata lainnya. Juga dpt memakandetritus, feses, dan bahan organik.

Penyebaran anemon laut sangat luas mulai perairan sub tropis hingga perairan tropis. Di alam bebas anemon ditemukan hidup secara soliter dan bergerombol membentuk koloni. Anemon yg hidup soliter termasuk dlm bangsa / ordo Actinaria, sedang yg hidup bergerombol termasuk dlm bangsa / ordo Zoanthidea. Anemon hidup di dasar laut menempel pd benda keras, pecahan karang, pasir. Ada pula yg sedikit membenamkan bagian tubuhnya ke dasar tanah yg agak berlumpur. Anemon umumnya dijumpai pd daerah terumbu karang yg kurang subur dan dangkal, di goa / di lereng terumbu. Namun ada jg yg hidup di tepian padang lamun.


Contoh Simbiosis Mutualisme; Ikan Badut dengan Anemon Laut dan Keuntungannya

Reproduksi anemon laut umumnya dilakukan baik secara seksual maupun aseksual. Reproduksi aseksual dilakukan dgn cara memutuskan bagian kakinya, yaitu bagian dari lingkar kaki yg ditinggalkan pd saat binatang tersebut berpindah tempat. Jenis anemon lain dgn cara merangkak perlahan ke arah yg berlawanan hingga tubuhnya terputus menjadi dua bagian. Bagian tersebut kemudian membulat dan hidup menjadi anemon-anemon baru. Tiga jenis anemon laut dari famili Stichodactylidae melakukan reproduksi secara aseksual dgn pembelahan longitudinal dan transversal. Ketiga jenis anemon ni adalahStichodactyla helianthus,Entacmaea quadricolor(longitudinal) danHeteractis maginifica(transversal) (Dunn (1981). Sedangkan reproduksi seksual terjadi di dlm air. Sperma dan telur keluar melalui mulut dan bersatu membentuk zigot kemudian berkembang menjadi larva. Larva ni akan berenang dan mencari makan sendiri hingga akhirnya melekat di dasar sebagai bentik dan tumbuh menjadi anemon dewasa (Boolootian and Stiles, 1976). Anemon laut dpt jg bersifat hermaprodit. Telur dan sperma dari jenis yg hermaprodit ni dihasilkan dari gonad-gonad yg terletak dlm gastroderm pd waktu yg berbeda.Peristiwa ni dikenal sebagai protandri dan umum terjadi pd invertebrata
Sumber : https:/muhammadahsin.wordpress.com/2009/03/09/nilai-dan-fungsi-anemon-laut-kondisi-dan-potensi-yang-terabaikan/

Keuntungan Simbiosis Mutualisme yg didapat oleh Ikan Badut dan Anemon Laut

Seperti yg sudah maklum bahwa pengertian simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yg saling menguntungkan dlm kalimat lain tak ada yg dirugikan. Dalam hal ni ikan badut dan anemon alut sama-sama mendapat keuntungan. Anemon Laut akan melindungi ikan badut dan ikan badut akan menangkal ikan kupu-kupu (Butterfly Fish) yg suka memakan anemon. Ikan badut jg akan memakan invertebrata kecil yg melekat di tentakel anemon yg membahayakan anemon (parasit) dan membantu membersihkan anemon dari kotoran seperti pasir dsb. Di sisi lain kotoran dari ikan badut memberikan nutrisi untk anemon.


Contoh Simbiosis Mutualisme; Ikan Badut dengan Anemon Laut dan Keuntungannya


Anemon memiliki sengatan beracun yg hanya dpt ditahan oleh ikan badut. Mekanisme tersebut dpt terjadi karena lapisan lendir pd ikan badut (berbahan dasar gula). Hal ni akan menjadikan anemon tak mengenali ikan badut sebagai musuh sehingga anemon tak menyengat ikan badut.Ikan badut akan membela mati-matian anemon tempat mereka tinggal, ikan badut tak pernah menyimpang lebih jauh dari 30 cm/lebih dari inangnya seumur hidup mereka.
Demikian Contoh Simbiosis Mutualisme Ikan Badut dgn Anemon Laut. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar